Apa itu PU (Pull UP) Leather? Keterangan, Perbedaan, dan Perawatan

Apa itu PU (Pull UP) Leather? Keterangan, Perbedaan, dan Perawatan

Apa itu Pull Up Leather

Harga yang ditawarkan ketika kamu membeli tas, sepatu atau dompet dari kulit asli pastilah terhitung mahal dan kurang ramah di kantong sehingga tidak semua orang bisa memilikinya.

Namun seiring dengan perkembangan jaman muncul lah beragam kulit sintetis atau imitasi, salah satunya adalah PU leather.

Bagi kamu yang suka berbelanja produk-produk dari kulit, pastilah tidak asing dengan istilah PU leather, tapi apa sih PU leather itu? Kali ini kami akan menjelaskan hal tersebut buat kamu.

PU leather adalah singkatan dari polyutherane leather atau bahan kulit buatan manusia (sintetis). Terdiri dari kombinasi kulit asli kualitas rendah dan lapisan polyutherane yang dipress atau ditimbulkan ke permukaan.

Belakangan PU leather sering digunakan sebagai bahan dasar dalam pembuatan tas atau dompet karena harganya yang tidak terlalu mahal.

Sebelum PU leather muncul, bahan kulit sintetis atau imitasi masih didominasi oleh PVC leather. PVC leather terbuat dari plasticizer sehingga permukaannya lebih rapuh dan kaku yang kemudian dikombinasikan oleh beberapa bahan dasar lainnya seperti kanvas atau katun.

Meskipun terbuat dari kulit sintetis, PU leather memiliki karakteristik khusus yang membedakannya dengan kulit sintetis lainnya.

Aroma atau bau dari PU leather sangat kuat dibandingkan dengan bahan dari kulit asli maupun kulit sintetis lainnya. Selain itu, tekstur PU leather jauh lebih lembut jika dibandingkan dengan bahan kulit lainnya.

Memiliki produk kulit dari bahan PU leather, kamu tidak perlu kerepotan untuk merawatnya, karena bahan tekstil polyutherane adalah bahan yang cukup awet dan tahan lama.

Kamu cukup meluangkan waktu sedikit saja untuk membersihkannya dari debu dan kotoran dengan kain. Jika terkena noda kotoran yang sulit dihilangkan, bahan PU leather dengan mudah bisa dicuci dan tidak rusak.

Bahan PU leather relatif tidak mudah terlihat kusam, tahan terhadap goresan, dan meskipun terkena ciaran kimia ringan atau terpapar sinar matahari terlalu lama PU leather tidak akan gampang berubah warna atau tekstur

Berbeda dengan bahan kulit asli yang susah diganti jika rusak atau mengelupas, PU leather sangat mudah diganti dan diperbaiki jika terjadi kerusakan pada bahan kulitnya.

Meskipun imitasi, PU leather pun tidak bisa dibilang memiliki kualitas yang murahan, dengan pengolahan yang baik bisa dikatakan PU leather dapat menjadi pilihan alternatif yang baik untuk kulit asli jika kamu memerlukan produk dengan harga yang lebih murah.

Cara Merawat Produk PU Leather

Cara Merawat Produk PU Leather

PU leather memang terbilang cukup awet dan tahan lama jika dibandingkan dengan kulit asli, namun bukan berarti bahan PU leather tidak bisa rusak.

Jika kamu mempunyai produk PU leather baik itu tas maupun dompet, kamu pun perlu melakukan sedikit perawatan terhadap barang-barang PU leather tersebut.

Pada saat tanganmu sedang berminyak atau habis digunakan untuk memegang sesuatu yang berminyak, sebisa mungkin bersihkan tangan kamu dari minyak sebelum memagang tas atau dompet milikmu.

Hal ini dilakukan untuk menghindari permukaan PU leather atau kulit sintetis menjadi lembab dan berjamur. Lalu, hindari juga sinar matahari yang terlalu sering dan berlebihan untuk menjaga kulitas PU leather.

Meskipun bahan PU leather kuat terhadap sinar ultra violet, jika terus menerus dibiarkan akan dapat mengakibatkan kerusakan pada lapisan polyutherane dan dapat memudarkan warna.

Oleskan juga produk leather care pada tas atau dompet dari bahan PU leather ketika hendak disimpan. Hal ini dimaksudkan untuk menjaga kelembabkan kulit dan mencegah kerusakan.

Dibandingkan dengan kulit sintetis lainnya, PU leather adalah jenis bahan kulit sintetis yang hampir mirip dengan kulit asli.

Karena PU leather adalah kulit sintetis, tidak heran jika harga yang ditawarkan pun jauh lebih murah dibandingkan dengan kulit asli. Namun ada pula produk PU leather yang harganya hampir sama dengan kulit asli.

Hal ini disebabkan oleh proses pembuatan dan jenis lapisan kulit asli yang dipakai pada PU leather. Sama seperti bahan kulit asli, semakin baik kualitas yang digunakan untuk membuat suatu produk, harga yang ditawarkanpun semakin tinggi

Pilih PU Leather atau Kulit Asli?

PU Leather atau Kulit Asli

Pada saat memilih antara PU leather atau kulit asli, coba pikirkan jawaban untuk beberapa pertanyaan ini:

  • Berapa budget yang kamu siapkan?
  • Berapa lama kamu ingin menggunakan produk tersebut?
  • Akan seberapa sering kamu menggunakan produknya?

Jika ingin yang tahan lama walaupun sering digunakan, dan kamu mempunyai budget yang cukup lumayan, lebih baik kamu membeli produk kulit asli. Karena untuk jangka panjangnya, produk kulit asli adalah pilihan dan investasi yang lebih tepat.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *